Beranda | Artikel
Memperbanyak Dzikir Laa Hawla wa Laa Quwwata Illa Billah
Rabu, 5 April 2023

Bersama Pemateri :
Ustadz Mubarak Bamualim

Memperbanyak Dzikir Laa Hawla wa Laa Quwwata Illa Billah adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Riyadhus Shalihin Min Kalam Sayyid Al-Mursalin. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Mubarak Bamualim, Lc., M.H.I. pada Selasa, 13 Ramadhan 1444 H / 4 April 2023 M.

Memperbanyak Dzikir Laa Hawla wa Laa Quwwata Illa Billah

Imam An-Nawawi Rahimahullahu Ta’ala berkata:

وعن أَبي موسى – رضي الله عنه – قَالَ: قَالَ لي رسولُ الله – صلى الله عليه وسلم: «ألا أدُلُّكَ عَلَى كَنْزٍ مِنْ كُنُوزِ الجَنَّةِ؟» فقلت: بلى يَا رسولَ الله قَالَ: «لا حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ باللهِ» متفق عَلَيْهِ.

Dan dari Abu Musa Radhiyallahu ‘Anhu, beliau berkata: “Pernah aku dikatakan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam: ‘Maukah engkau aku tunjukkan padamu salah satu dari simpanan-simpanan surga?’ Aku menjawab: ‘Iya Wahai Rasulullah.’ Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: ‘Laa hawla wa laa quwwata illa billah (Tiada daya dan tiada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah).`” (Muttafaqun ‘alaih)

Hadits ini menggambarkan kepada kita bagaimana sikap dan perilaku Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam terhadap para sahabat. Yang mana beliau sangat menginginkan kebaikan bagi mereka. Oleh karena itu setiap kesempatan yang ada beliau selalu memberikan manfaat dari ilmu yang Allah berikan kepada beliau.

Di dalam hadits ini Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menyampaikan kepada Abu Musa Al-Asy’ari Radhiyallahu ‘Anhu tentang salah satu dari satu dari harta-harta simpanan surga. Yaitu mengucapkan kalimat لا حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ باللهِ. Kalimat ini salah satu dari simpanan-simpanan surga yang sangat berharga. Artinya kita dianjurkan untuk memperbanyak membaca لا حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ باللهِ.

Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam adalah seorang guru yang luar biasa dalam perhatiannya kepada para sahabat Radhiyallahu ‘Anhum. Sehingga dalam kesempatan-kesempatan yang baik beliau selalu memberikan tambahan ilmu dan kebaikan kepada para sahabat Radhiyallahu ‘Anhum.

Kalimat لا حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ باللهِ sebetulnya sebuah pesan yang memesankan kepada kita sebagai umat agar tidak bergantung kepada selain Allah. Semua kekuatan itu sumbernya dari Allah. Maka tiada kekuatan kecuali kekuatan dari Allah Allah, Allah yang menganugerahkan kekuatan itu. Maka di sini kita dilarang bergantung kepada selain Allah, menyandarkan kekuatan kepada selain Allah, ini adalah hal yang tidak dibenarkan.

Maka seorang muslim wajib bersandar kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dalam segala kondisi dan keadaan.

Seseorang kalau bersandar kepada kekuatan Allah Subhanahu wa Ta’ala, maka dia tidak akan gelisah dalam kehidupan ini. Karena dia bersandar kepada Dzat Yang Maha Kuat, yaitu Allah Subhanahu wa Ta’ala. Maka dari itu jangan bergantung kepada selain Allah. Mintalah nikmat berupa kekuatan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download dan simak mp3 kajian kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/52883-memperbanyak-dzikir-laa-hawla-wa-laa-quwwata-illa-billah/